HUKUM PERAYAAN MENYAMBUT TAHUN BARU MASEHI

image

بِسْـــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

PERTANYAAN:
Apa hukum syari’at terhadap tindakan yang d lakukan oleh sebagian kaum muslimin yang ikut berpartisipasi dalam perayaan tahun baru dan sejenisnya, meskipun dalam rangka basa-basi saja terhadap orang-orang yang merayakannya sesuai keyakinan mereka ?

JAWAB:
Tidak boleh merayakan hari-hari besar orang kafir meskipun dalam rangka basa-basi. Sebab ia adalah hari-hari besar yang d ada-adakan, tidak ada wahyu yang d turunkan oleh Allah berkaitan dengan itu sehingga tidak ada dasarnya dalam kitab-kitab samawi ataupun syari’at-syariat illahiyyah yang lain. Hal itu hanyalah syari’at bikinan orang-orang nasrani dalam agama, sesuatu hal yang tidak d izinkan oleh Allah Ta’ala.

Tidak dapat d sangkal lagi bahwa ikut berpartisipasi dalam perayaan ini atau hari-hari besar mereka yang lain dapat d anggap sebagai pengukuhan terhadap hal yang d ada-adakan tersebut dan pengagungan terhadap mereka itu sebagai orang-orang yang mengada-ada dalam agama.

Berdasarkan hal ini, haram bagi kaum Muslimin mengagungkan hari-hari seperti ini, mengucapkan selamat kepada para penganutnya serta menampakkan suatu ekspresi kegembiraan dan luapan suka-cita d mana hal ini dapat d anggap sebagai pengukuhan terhadap hal-hal yang d ada-adakan dalam agama tersebut (bid’ah). Bahkan, kaum Muslimin harus mengangapnya sama seperti hari-hari biasa dalam setiap tahunnya. Mereka hanya d anjurkan untuk merayakan hari-hari besar yang d syari’atkan d dalam Islam dan hal-hal yang d syari’atkan lainnya seperti shalat dan ibadah-ibadah lain.

Wallahu a`lam.

[Fatwa dari Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin yang d tanda-tangani oleh beliau. D adaptasi dari kitab Fatwa-Fatwa Terkini, terbitan Darul Haq, Jakarta, Jilid 1, hal 123]

Kediaman Om Boy (Kasum TNI), Raffles Hills-Cibubur, 31 Desember 2012.

GUNTUR TSABAT ANDRYAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s