Pasal | *PENTINGNYA (mengamalkan) SUNNAH FITHRAH* PADA MASA SEKARANG DAN PADA SEMUA MASA

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Banyak d antara kbaikan2 dunia serta agama yang tersusun d dalam 1 waktu d dasarkan atas sikap seorang hamba muslim berpegang teguh dengan sunnah2 Nabi Shallallahu`alaihi wa sallam.

D antara kebaikan2 tersebut ialah:

1. D dalam memegang teguh dengan sunnah2 tersebut terdapat kemulyaan mengikuti (ittiba’) sunnah Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, serta sunnah para Nabi dan para Rasul sbelumny. Dan kita telah mengetahui dari Al-Qur’an bahwasanny k bruntungan/kemenangan d dunia & akhirat sbenarny itu tergantung daripada mengikuti sunnah2 Nabi tersebut, sebagaimana firman Allah ‘Azza wa Jalla: “Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasulny maka sesungguhny ia telah mendapatkan k menangan yang besar.” [QS. Al Ahzaab : 71]

Allah Yang Maha Luhur lagi Maha mengetahui memerintahkan kpada Nabi-Ny yang trpercaya u/mengikuti sunnah para Nabi sebelumny. Sebagaimana firman-Nya kepada beliau: “Maka ikutilah petunjuk mereka.” [QS. Al An-aam : 90]

Dan kita telah d perintahkan u/mengikuti Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, oleh sebab itu sakan2 tlah mengikuti mereka/para Nabi.

2. Bahwa memegang teguh perangai2 trsebut, akan menampakkan tanggung jawab memelihara citra yg baik atau bentuk yg baik yang telah Allah ‘Azza wa Jalla ciptakan manusia d atas bentuk trsebut. Dan hal itu Allah Yang Maha Besar dengan sgenap k kuasaan-Nya tlah mngisyaratkan dengan firman-Nya: “Dia mmbentuk rupamu dan d bguskan-ny rupamu itu.” [QS. At-Taghaabun : 3]

Dan Allah Taala pun berfirman: “Sesungguhnya Kami tlah mnciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik2nya.” [QS. At-Tiin : 4]

Manusia itu d ciptakan dalam keadaan sempurna, dalam suatu bentuk yang tidak dapat d ungguli oleh bentuk lain. Maka bersikap melepaskan/mencerai beraikan apa yang terkandung d dalam sunnah2 fithrah berarti membuat k burukan terhadap ciptaan Tuhan.

3. Bahwa seorang hamba beriman selama terus-menerus menekuni dan membiasakan memegang teguh sunnah fithrah trsebut, niscaya kita akan mendapatkan bahwa dia dengan tindakan tersebut akan dapat memelihara kebersihan pada tempat2 yg bersangkutan, d mana anggota2 tubuh tersebut merupakan sumber penyakit serta bau2 yg tidak d sukai d dalam badan manusia, sehingga seorang mukmin dapat berlindung d dalam k sucian hati dan badanny.
Dan seperti inilah yang d kehendaki oleh Islam terhadap seorang Muslim yaitu agar hati dan badanny suci bersih yang tidak bertentangan antara lahir & batin.

4. Bahwa d dalam memegang teguh sunnah ini akan tampak citra ksatuan kaum muslimin, yang dapat menghimpun yang lahir serta dapat menyatukan yang batin, sehingga muncul saling menyayangi d antara mereka dalam rangka trwujudny prsatuan trsebut.

5. D dalam memegang tguh sunnah2 trsebut sseorang akan memelihara “muru-ahny” (harga diri), mnjaga sikap lapang dada (toleransi) & memelihara sikap saling mengasihi yang d tuntut, karena manusia apabila d munculkan d dalam bentuk yang indah dan teratur, maka adalah hal itu lebih mngundang lapangny jiwa kpadanya, d sambut ucapanny, d puji pendapatny serta hal yang saling brtentangan d jadikanny plengkap/kesempurnaan.

6. Seorang hamba d dalam memegang teguh sunnah2 tersebut brarti dia mengerjakan kebaikan untuk orang2 lain, sebab apabila seorang hamba Allah mlepaskan sunnah2 itu, niscaya bau badanny tidak d sukai & tidak sanggup orang lain merasakan bauny, akan tetapi jika dia memegang teguh sunnah2 trsebut niscaya dia jauh dari bau badan yang tidak enak, hal itu karena dia menahan diri untuk tidak membuat sakit hati terhadap teman/kawan.

7. D dalam memegang teguh sunnah2 ini menampakkan prbedaan terhadap semua syiar k kufuran srta trhadap pelaku2ny (orang2 kafir), dari Majusi, Yahudi, Nashara, srta selain mereka yang trmasuk dalam agama2 k kufuran dngan sgenap aneka macamny.
Oleh hal ini kita dapatkan bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam banyak memberikan pringatan2 mengenai urusan ini dngan brbagai pringatan2 trsebut, brtolak belakang (brbedalah) dengan Majusi, Yahudi, Ahlul-Kitab & orang2 musyrik.

8. Banyaklah faedah2 ksehatan yg tratur yg mempunyai pengaruh yg jauh setelah mengamalkan sunnah2 tersebut. Hendaklah kita mau melihat debu2 serta kotoran2 yg trkandung d bulu rambut hidung yang d hilangkan ketika berwudhu d kala istinsyaq (menghisap atau menghirup air k dalam hidung) dan istintsar (menghirup air k dlam hidung lalu mengeluarkanny) dan demikian pula kepada bakteri2 yang berkembang d dalam qulfah seorang hamba Allah, karna bkteri2 trsebut mnyebabkan marabahaya kpada manusia, serta d antara yg aneh adlah yg prnah saya baca: “Bahwa “ISTINTSAR” d kala berwudhu itu dapat mengeluarkan empat belas macam penyakit dari hidung manusia.

9. Bahwa d dalam brpegang teguh kpada sunnah2 itu trdapat kemampuan mengalahkan setan serta dapat menolak gangguan2ny (was2ny) & gangguan2 trsbut dpt d tangkis sejak awal adany dan agar sprti hal demikian inilah trdapat pada ptunjuk yang d tunjukan oleh hadits Nabi yang ma`shum Shallallahu’alaihi wa sallam: “Apabila salah seorang d antara kamu bangun dari tidurny, maka isaplah atau hiruplah air k dalam hidung lalu keluarkan (lakukan tiga x, karna setan bermalam d atas batang hidungny.” [Isnad hadits ini Shahih. HR. Bukhari (4/153), -Muslim (3/180) d srtai ma`nany & dia mnyebutkan “mabiitusysyaitan” (tempat bermalam syaitan), Nasaa`i (1/67) & khatib Tibrizi (393) d dalam Al-Misykah]

Wallau`alam bishshawab.

[D salin dari Kitab 50 Wasiat Rasulullah Shallallahu`alaihi wa sallam Kepada Kaum Wanita hal 148 s/d 152 oleh Syaikh Muhammad Fathi Sayyid Ibrahim dengan sdikit perubahan]

One thought on “Pasal | *PENTINGNYA (mengamalkan) SUNNAH FITHRAH* PADA MASA SEKARANG DAN PADA SEMUA MASA”

  1. Ketahuilah y ikhwati fillah bahwasanny lebih banyak lagi faedah2 dari pada yang d sebutkan d atas, akan tetapi apa yang telah d jelaskan yaitu merupakan kesungguhan orang yang masih berbuat sedikit dan k adaan orang yang serba kurang yang senantiasa membutuhkan, maka semoga Allah Jalla jalaluhu mengampuni akan semua kekurangan ini. – Amin –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s