FATWA ULAMA TENTANG: “HUKUM SEPUTAR BERHIAS” | termasuk d dalamnya memakai sepatu high heels

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Pertannyaan:
Marak d kalangan remaja putri kebiasaan memotong rambut hingga pundak dalam rangka berdandan. Demikian pula memakai sepatu bertumit sangat tinggi (high heels) dan bermake-up. Lantas ap hukum dari perbuatan trsebut ???

Jawab:
Fadhilatusy syaikh Al-Allamah Muhammad Ibnu Shalih Al-Utsaimin rahimahullah memberikan fatwa dalam masalah d atas.

Potongan rambut wanita bisa jadi modalnya menyerupai potongan rambut laki2 bisa jadi tidak. Bila sekiranya modelny seperti potongan rambut laki2 maka hukumny haram dan termasuk dosa besar, karena Nabi Shallallahu`alaihi wa sallam melaknat wanita yang bertasyabbuh/menyerupai laki2. Bila modelny tidak sampai menyerupai laki2 maka ulama berbeda pendapat, hingga menjadi 3 pendapat. D antara mereka ada yang mengatakan boleh, tidak mengapa. D antarany ada yang berpendapat haram. Pendapat yang k 3 mengatakan makruh. Yang Mahsyur dari Madzhab Al-Imam Ahmad adalah perbuatant tersebut makruh.

Sebenarny memang tidak sepantasny kita menerima segala kebiasaan dari luar yang datang pada qta. Belum lama dari zaman ini kita melihat para wanita berbangga dengan rambut mereka yang lebat dan panjang. Tapi kenapa keadaan mereka pada hari ini demikian bersemangat memendekkan rambut mereka ? Mereka telah mengadopsi kebiasaan yang datang dari luar negeri kita. Saya tidaklah bermaksud mengingkari segala sesuatu yang baru. Namun saya mengingkari segala sesuatu yang mengantarkan perubahan masyarakat dan kebiasaan yang baik menuju kebiasaan yang d ambil dari selain kaum muslimin.

Adapun sandal ataupun sepatu yang tinggi (high heels), tidak boleh d gunakan apabila tingginya d luar kebiasaan. Mengantarkan pada tabarruj dan (dgn maksud) mengesankan si wanita terlihat lebih tinggi serta menarik pandangan mata lelaki.

Karena Allah Azza wa`Jalla berfirman:
“Janganlah kalian bertabarruj sebagaimana tabarrujny orang2 jahiliah yang awal.” [QS. Al-Ahzab : 33]

Maka segala sesuatu yang membuat wanita melakukan tabarruj membuat ia tampil beda daripada wanita lainnya, dengan maksud berhias. Maka haram, tidak boleh di lakukannya.

Tentang pemakaian make-up, tidak mengapa bila memang tidak memberi madharat atau membuat fitnah.

[Majmu'ah As'ilah Tuhimmu AL usrah Al Muslimah hal 8-11]

`
DALAM MASALAH SEPATU BERTUMIT TINGGI (high heels)
“Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Buhuts Al Ilmiyyah Wal If`ta” yang saat itu d ketuai oleh Samahatusy Syaikh Al-Walid Abdulah Aziz Ibn Abdillah Ibnu Baz rahimahullah, memfatwakan: “Memakai sepatu bertumit tinggi tidak boleh karena d khawatirkan wanita yang memakainya beresiko jatuh. Sementara seseorang d perintahkan secara syar’i u/menjawab bahaya berdasarkan keumuman firman Allah Ta`ala:

“Janganlah kalian menjatuhkan diri2 kalian kepada kebinasaan.” [QS. Al-Baqarah : 195]

“Janganlah kalian membunuh jiwa kalian.” [QS. An-Nisaa : 29]

Selain itu sepatu bertumit tinggi akan menampakkan tubuh wanita lebih dari yang semestinya (lebih tinggi dari postur yang sebenarny. Pent) Tentunya yang seperti ini mengandung unsur penipuan. Dengan memakai sepatu bertumit tinggi berarti menampakkan sebagian perhiasan yang sebenarny d larang untuk d tampakkan oleh wanita muslimah:

Allah Azza wa’Jalla berfirman:
“Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka atau ayah suami mereka (mertua) atau anak-anak laki-laki mereka atau anak-anak laki-laki dari suami mereka atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau anak-anak laki-laki dari saudara laki-laki mereka (keponakan-keponakan dari saudara laki-laki) atau keponakan laki-laki dari saudara perempuan mereka atau dihadapan wanita-wanita mereka.” [QS. An-Nuur : 31]

[Fatwa no 1678, Fatawa Al-Lajnah Ad Daimah 17/123-124]
di salin ulang dari Majalah Asy-Syar’iah; rubrik Fatawa Al-Mar’ah Al-Muslimah.

Wallahu a’lam bishshawab.

_tsabat_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s